Pentingnya Investasi di Usia Muda

Banyak yang beranggapan bahwa untuk berinvestasi membutuhkan modal yang sangat besar. Padahal untuk memulai investasi tidak selalu memerlukan modal besar dan sulit. Anda dapat memulainya dari modal yang kecil sekalipun.

Apakah itu Investasi ?

Sebelum memulainya lebih jauh, wajib Anda ketahui terlebih dahulu apa itu investasi. Menurut para ahli, Haming dan Basalamah, investasi adalah pengeluaran pada masa sekarang yang digunakan untuk membeli aktiva riil (properti,mobil dan sebagainya) dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar di masa depan. Dan seorang yang berinvestasi dikenal dengan nama investor.

Bentuk umum investasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu investasi pada aktiva riil dan investasi pada aktiva finansial. Investasi pada aktiva riil adalah investasi yang dilakukan investor dalam bentuk kasat mata seperti emas, properti, tanah dan lain-lain. Sedangkan investasi pada aktiva finansial adalah investasi yang dilakukan investor dalam bentuk surat-surat berharga seperti saham, deposito, dan sebagainya.

 

 

Alasan Pentingnya Investasi di Usia Muda

Terdapat beberapa alasan mendasar mengapa Anda harus berinvestasi sedini mungkin. Apa sajakah alasan tersebut? Simak ulasan berikut ini.

 

Keuntungan Lebih Besar

Keuntungan yang dilakukan oleh orang sejak umur 20 tahun akan berbeda dengan keuntungan yang dilakukan oleh orang umur 30 tahunan. Waktu sangat berpengaruh terhadap investasi. Pepatah mengatakan bahwa waktu adalah keuntungan terbesar Anda.

Jika Anda gagal dalam satu investasi, maka Anda masih memiliki waktu yang banyak untuk mempelajari kesalahan tersebut atau beralih ke jenis investasi lainnya. Dan jika Anda telah berhasil, Anda memiliki waktu yang banyak untuk mengembangkan investasi tersebut dan menjelajahi potensi-potensi lainnya. Sehingga keuntungan yang Anda dapatkan akan berlipat ganda di masa depan.

 

Menciptakan Pribadi yang Disiplin

Usia muda adalah usia yang dipenuhi dengan hiburan. Sehingga tak jarang jika uang yang Anda miliki hanya berubah menjadi kesenangan hati dan hiburan belaka. Dan Anda merasakan uang yang Anda dapatkan terbuang sia-sia. Tapi berbeda dengan yang Anda rasakan ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi. Karena uang-uang yang Anda investasikan akan Anda tuai di kemudian hari. Selain itu, Anda akan merasa lebih disiplin karena setidaknya Anda telah menyisihkan beberapa rupiah untuk diinvestasikan. Dan ketika hal itu terus berkelanjutan pada diri Anda, itu menandakan bahwa rasa disiplin telah tumbuh pada diri Anda.

 

Jaminan di Masa Depan

Salah satu alasan pentingnya investasi di usia muda adalah dapat dijadikan sebagai jaminan di masa depan. Di zaman yang telah berkembang dengan cepat ini, Anda tidak akan tahu seberapa besar kebutuhan yang akan Anda keluarkan di masa mendatang. Dengan berinvestasi, maka Anda tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat Anda sudah tidak produktif. Karena Anda telah memiliki sesuatu untuk dijadikan pegangan untuk memenuhi kebutuhan mendadak Anda.

 

Kebebasan Finansial

Ketika Anda mulai berinvestasi , Anda akan menjadi pribadi yang bebas secara finansial. Kebebasan finansial adalah ketika seseorang sudah tidak perlu lagi bekerja keras akan tetapi penghasilan pasif akan terus didapatkannya. Saat ini orang dengan kebebasan finansial sangat sulit ditemui. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang memiliki cicilan atau tanggungan banyak yang akhirnya memaksanya terus bekerja keras untuk menutupinya.

Orang-orang yang bebas secara finansial adalah mereka yang mulai berinvestasi sejak dini. Mereka bahkan dapat memilih gaya hidup yang diinginkan dengan menggunakan hasil investasi yang dimilikinya.

 

Mewujudkan Impian Jangka Panjang

Apakah Anda ingin memiliki rumah pribadi? Mobil pribadi? Menikah dengan venue impian? Semuanya akan terwujud jika Anda mulai berinvestasi di usia muda. Usia muda adalah usia yang produktif, dimana di usia ini Anda juga masih belum terbebani dengan hutang, kebutuhan rumah tangga, keperluan istri, dan lain-lain.

Di usia muda, Anda akan lebih bebas menggunakan uang untuk sesuatu yang bersifat kebutuhan saja. Lain halnya jika Anda sudah menikah dan memiliki tanggungan. Mungkin Anda akan berfikir puluhan kali untuk belajar investasi. Dapat disimpulkan jika Anda mulai berinvestasi sedini mungkin, akan membantu Anda untuk mewujudkan tujuan dan mimpi Anda di masa mendatang.

 

Menciptakan Gaya Hidup Hemat

Jika Anda berinvestasi, maka Anda akan berupaya untuk mengalokasikan uang untuk hal-hal yang penting saja. Dan pada akhirnya hal itu akan membuat Anda menjadi pribadi dengan pola hidup yang hemat. Karena seorang investor biasanya akan memikirkan kebutuhan apa saja yang benar-benar harus terpenuhi.

Untuk menyadari pentingnya investasi sejak dini hanya dapat dilakukan oleh kalian yang memiliki tujuan yang kuat. Meskipun terlihat sederhana dan mudah, mendisiplinkan diri dengan pola pikir menyiapkan kehidupan di masa mendatang sangatlah sulit. Banyak sekali hal-hal yang dapat mengalihkan visi untuk berinvestasi. Oleh karena itu, jika Anda benar-benar ingin berinvestasi Anda harus benar-benar menyiapkan tekad yang kuat.

Demikianlah ulasan-ulasan mengenai pentingnya berinvestasi sejak muda. Semoga artikel ini dapat menjadi pencerahan bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

source : Modalrakyat